Selasa, 28 April 2009

BAB 1 Pekembangan GIS

·

Teknologi SIG (Georaphic Information System) berkembang seiring meningkatnya kebutuhan serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hingga saat ini SIG sebagai sebuah sistem telah diimplementasikan dan dirasakan diberbagai bidang baik oleh pihak swasta, pemerintah maupun perseorangan dengan jenis aplikasi yang luas dari aplikasi dalam bidang lingkungan dan pertambangan hingga bidang perbankan, marketing dan retail

Saat ini telah dikenal istilah-istilah Desktop GIS, WebGIS, dan Database Spatial yang merupakan wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan solusi atas berbagai permasalahan yang hanya dapat dijawab dengan tekhnologi GIS ini.

Beberapa teknologi dapat digunakan untuk membangun sistem WebGIS. Ada dua kategori teknologi WebGIS, yakni komersial dan Open Source. WebGIS komersial barangkali memerlukan biaya yang cukup besar, karena harus membeli perangkat lunak SIG tertentu. Salah satu yang paling populer adalah MapServer yang menggunakan konsep Open Source, dimana perang kat lunaknya gratis. Sedangkan untuk pilihan teknologi Database Spatial, PostgreSQL merupakan pilihan data base Open Source yang paling populer, dengan dukungan ekstensi spatial yang bernama POSTGIS.

0 komentar: